Indonesian Youth Conference 2013

Mengapa?


Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, populasi anak muda berusia 18 sampai 30 tahun adalah 62 juta orang. Angka ini, yang setara dengan 15 kali populasi Singapura, memberikan jawaban atas pertanyaan mengapa kita membutuhkan sebuah wadah di mana anak muda dapat menyampaikan aspirasi mereka dan “bersuara”. Tidak mendengarkan lebih dari 60 juta suara merupakan suatu hal yang tidak adil. Kita semua pun tahu bahwa di Indonesia, anak muda adalah generasi yang menciptakan perubahan. Mulai dari Sumpah Pemuda sampai reformasi tahun 1998, semuanya dilakukan oleh anak muda. Kami percaya bahwa dengan sejarah seperti itu, tidaklah sulit bagi anak muda Indonesia untuk berharap agar kita bisa “didengar”

Ada banyak pemikiran-pemikiran cemerlang dari anak muda yang berasal dari seluruh Indonesia, yang dapat menawarkan perspektif segar dan solusi yang bisa membantu negeri ini menghadapi abad keduapuluhsatu. Suara anak muda harus didengar dan ditanggapi dengan serius karena ada banyak pemuda yang kritis terhadap isu-isu yang kita semua hadapi hari ini. Kita membutuhkan sebuah wadah di mana kita dapat menyampaikan aspirasi dan ide kita, yang memberi kesempatan kepada kita untuk benar-benar “didengar”. Kami pun percaya bawa di era globalisasi ini, di mana bangsa lain telah memiliki parlemen anak muda, kita semua harus mempersiapkan anak muda Indonesia untuk menjadi kompetitif dan diperhitungkan oleh anak muda dari negara lain.

Apa?

Indonesian Youth Conference (IYC) adalah sebuah kegiatan yang berada di bawah Sinergi Muda dan diselenggarakan oleh anak muda, yang bertujuan untuk mengumpulkan anak muda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara anak muda harus didengar dan ditanggapi dengan serius.
IYC terdiri dari dua kegiatan yang saling berkesinambungan:

1. Forum

Forum IYCKami akan mengundang 66 aktivis muda berusia 15 sampai 21 tahun dari seluruh Indonesia untuk mewakili provinsi mereka masing-masing di acara ini. Para anak muda tersebut diharapkan terlibat secara aktif di komunitas dan jaringan masing-masing, bertekad membuat perubahan menuju Indonesia yang lebih baik, dan mau memulai suatu gerakan atau proyek di komunitas mereka. IYC akan mengorganisir beberapa sesi seminar dan lokakarya untuk memupuk kemampuan kewirausahaan mereka yang akan memaksimalkan potensi mereka dalam menjadi agen perubahan.

2. Festival
Festival IYCKami akan menyelenggarakan lebih banyak seminar dan lokakarya yang dapat dikunjungi oleh siapapun dengan membeli tiket masuk. Sesi seminar dan lokakarya di Festival sifatnya lebih umum, meliputi berbagai isu. Kami akan mengundang para ahli, profesional, pejabat pemerintah, dan pemuda-pemuda berprestasi untuk berbicara mengenai undang-undang dan kepemerintahan, politik, budaya, industri kreatif, teknologi informasi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, aktivisme, kewirausahaan sosial, serta jurnalisme dan media.

Kami berharap Festival ini bisa menjadi perayaan bagi anak muda Indonesia, di mana mereka bisa belajar dan memperluas jaringan mereka. Anak muda ingin didengar, tapi kita juga harus belajar mendengar, bukan?
Festival diadakan setiap tahun. Tahun ini, Indonesian Youth Conference 2013 "Saatnya Kita Beraksi" diadakan pada 6 Juli 2013 mendatang. Apa saja yang kamu dapatkan di IYC Festival?

1. Seminar

Sesi seminar dan lokakarya di Festival meliputi berbagai isu. Kami akan mengundang para ahli, profesional, pejabat pemerintah, dan pemuda-pemuda berprestasi untuk berbicara mengenai undang-undang dan kepemerintahan, politik, budaya, industri kreatif, teknologi informasi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, aktivisme, kewirausahaan sosial, serta jurnalisme dan media.

Kamu bisa memilih sesi seminar yang sesuai dengan minatmu. Kamu juga bisa berkenalan dengan anak muda lainnya yang memiliki minat yang sama denganmu.

2. Pertunjukan Musik & Budaya

Selain seminar, Festival juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik dan budaya. Pada 2010 lalu kami mengundang Efek Rumah Kaca, Saung Angklung Udjo, DREW, LaMuRu dan Pandji. Di tahun selanjutnya ada Alexa, The Trees & The Wild, dan saratuspersen. Lalu di tahun 2012 ada Raisa, HiVi, Atthira Fadya dan Talisha Amara, dan Sanggar Tari Pregina Agung.

3. Expo Komunitas

Kami mengundang beberapa komunitas anak muda yang sudah memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia. Kamu bisa langsung berkenalan dengan mereka, membeli merchandise, maupun langsung bergabung menjadi anggota komunitas/gerakan tersebut.

Apabila kamu memiliki komunitas sendiri dan ingin bergabung dalam Festival IYC, hubungi @sasmintul di saskia@sinergimuda.org atau @risyadts dirisyad@sinergimuda.org.

4. Pameran Seni

Sebagai wujud apresiasi terhadap kreativitas anak muda, kami menyelenggarakan pameran Artspace Festival IYC sejak tahun 2012. Kamu bisa menikmati keindahan karya seni yang sudah diseleksi oleh beberapa seniman muda di Indonesia.  

Kami juga mengundang beberapa seniman muda untuk turut berpameran di Festival ini. Jika kamu ingin karyamu dipamerkan, kamu bisa mendaftarkan karyamu di halaman Pameran Artspace.

5. Sertifikat & Merchandise

Kamu bisa mendapatkan sertifikat sebagai peserta Festival IYC di akhir acara. Kamu juga akan mendapatkan merchandise dari para sponsor dan partner IYC.

Dengan membeli satu Tiket Festival IYC, kamu bisa mengikuti seminar dengan pilihan topik-topik sesuai dengan passion kamu dan menonton pertunjukan musik dan budaya. Ditambah lagi kamu mendapat akses ke Expo Komunitas dan Artspace, makan siang, dan pastinya sertifikat.
Tiket dijual dalam dua periode:
  1. Early-bird: 1-30 April 2013 seharga Rp. 100.000. Mendapatkan sertifikat dan makan siang.
  2. Normal: 1 Mei-6 Juli 2013 seharga Rp. 125.000. Mendapatkan sertifikat dan makan siang.
Tiket bisa dibeli secara online melalui halaman Tiket Festival. Kamu juga bisa membeli Tiket melalui ticket booth dan on-the-spot. Ikuti @IndonesianYouth untuk mengetahui informasi penjualan Tiket! 

Informasi lebih lanjut mengenai Festival bisa dilihat di http://sinergimuda.org/acara/festival-iyc-2013/

This entry was posted on Jumat, 10 Mei 2013 and is filed under ,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply